Minggu, 23 Desember 2012

CEO Mashable Pete Cashmore

  • Bagaimana dia mengubah sebuah hambatan menjadi kesempatan ?
  •  Mengapa dia begitu terobsesi dengan internet ?
  •  Kebiasaan pemenang seperti apa yang diajarkan oleh ayahnya?
Pete Cashmore adalah founder dari blog teknologi yang berpengaruh, Mashable, Di umurnya yang ke 25 dia sudah mendapatkan banyak penghargaan, dimulai dari Tech Wunderkind hingga salah satu UK’s Briton of the Year 2010. Tetapi penghargaan itu tidak mengesankan baginya. Cashmore melihat bahwa jauh lebih penting untuk bisa mengejar targetnya yang terus bergerak dan bagaimana dia bisa membawa itu semua menuju puncak. Tumbuh di desa kecil Banchory, pinggiran dari Aberdeen, Skotlandia, Saat itu ia hanyalah seorang anak kecil yang berteman dengan internet untuk menemani harinya. Kehilangan banyak teman sekolah SMA yang sudah lulus, dia mendapatkan diploma 2 tahun kemudian, itu menjadi contoh awal kecenderungan dia menjadi sangat persistence. Tertarik dengan web dan kekuatan web untuk men-demokrasi banyak hal, Cashmore memilih keluar dari universitas dan merilis Mashable pada umur 19 tahun. Dia memulai usahanya dengan blog mengenai teknologi yang mendapatkan banyak audience pada tahun 2005. Sekarang perusahaan ini sudah mempunyai 44 karyawan, dengan berkantor di New York dan San Fransisco dan mendatangkan 12,5 juta pengunjung baru setiap bulan.

Cashmore membagikan beberapa tips mengenai caranya mencapai kesuksesan dalam membangun Mashable.

Pencarian Passion

Internet menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari diri saya ketika saya sedang di ranjang beristirahat dan saya merasa saya mendapatkan sesuatu ketika surfing di web. Saya menjalani sebuah operasi pada umur 13 tahun dan akhirnya saya terkena komplikasi, jadi saya keluar masuk rumah sakit dan tidak bisa pergi sekolah. Yang perlu saya garis bawahi adalah sebabnya saya masuk dunia internet dengan begitu kuat adalah karena saya mendapati tantangan kesehatan dan saya tidak bisa melakukan hal lain.

Tantangan terbesar dalam startup

Bukan hanya karena saya tidak mempunyai relasi, saya juga tidak berada di Silicon Valley.  Tetapi saya berpikir dengan perspektif “orang luar” dan itu menjadi keuntungan bagi saya karena ternyata ada banyak orang yang ingin mengetahui mengenai gadget terbaru dan bagaimana menggunakan facebook, twitter, dan teknologi lainnya.

Bagaimana orang tua saya tahu tentang Mashable

Saya selalu mempunyai perasaan apabila saya tetap di rumah saya di Aberdeen Skotlandia, saya tidak berada di tempat saya yang seharusnya, jadi saya berpikir “Mungkin saya akan memberitahukan orang tua saya, jika Mashable benar-benar jadi terkenal ” tetapi saya tidak pernah melakukannya. Setelah satu tahun, orang tua saya mengetahuinya ketika reporter DailyMail mengetuk pintu rumah, menginginkan cerita siapa saya dan dari mana saya berasal.

“Single Obsession”

Hanya hal-hal yang datang melalui internet yang bisa membuat saya tertarik. Saya tidak mempunyai TV atau menonton film. Saya juga tidak terlalu suka masuk TV, saya ingin berpartisipasi saja. Internet merupakan sebuah pengalaman yang engaging. Saya akan merasa frustasi jika saya tidak terlibat di dalamnya. it’s my “single obsession.”

Eksekusi menentukan apakah perusahaanmu menjadi besar atau tidak
Eksekusi benar-benar merupakan hal yang berpengaruh apakah perusahaan Anda akan menjadi perusahaan besar atau tidak. Saya orang yang sangat kreatif dan seringkali berpikir tidak berurutan, tetapi Anda kadang juga harus mengetahui bahwa banyak orang memulai dengan hal yang menyenangkan dan mereka ingin “menguasai” dunia, tetapi yang sesungguhnya dilakukan oleh orang yang sudah “menguasai dunia” adalah, mereka memiliki sebuah rencana yang bagus dan langkah-langkah untuk menuju ke sana

Tentang bagaimana menjadi bos

Yang perlu dipelajari adalah bagaimana mencari passion seseorang dan bagaimana membantu mereka menyadarinya. Anda tidak akan mendapatkan hasil kerja terbaik dari seseorang jika Anda membimbing mereka dibandingkan dengan mereka membimbing diri mereka sendiri

Loyalitas
Loyalitas sangatlah penting. Terdapat dasar yang kuat dalam organisasi apabila orang bisa merasa nyaman karena kita mempunyai hubungan personal dengan orang – orang kunci dan mereka selalu merasa bersama dengan kita apapun yang mereka lakukan.

Sumber berita favorit

Trendwatching.com. setiap bulan terdapat artikel mengenai tren apa saja yang akan datang dan advice tentang hal-hal yang harus difokuskan oleh bisnis. Saya membaca setiap kata sebanyak ratusan kali. Saya suka dengan pemikiran mengenai gambaran besar.

Tiga orang yang ingin saya ajak makan malam bersama

Richard Branson, Albert Einstein, orang yang sedikit eksentrik – dan eksentrik itu bagus – dan Bono (pemimpin U2) karena kesadaran yang mereka berikan pada hal – hal sosial. Banyak hal yang bisa kami lakukan bersama. Dia akan menjadi channel sosial yang luar biasa.

Memulai sejak muda

Saya menyembunyikan umur saya dalam beberapa tahun. Saya tidak melihat itu sebagai hal positif. Saya bekerja secara remote, jadi saya tidak perlu memberitahukan orang lain tentang umur saya. Saya berusaha terlihat lebih tua.  Saya hanya ingin dinilai secara adil.

Tips untuk pengusaha muda

Entrepreneur muda seringkali naif menghadapi tantangan bisnisnya, tetapi hal ini ada untungnya, orang lain melihat tantangan ini tidak mungkin dihadapi, tetapi entrepreneur muda yang naif justru bisa membangun sesuatu dengan cara yang totally berbeda.

Pelajaran dari Ayah


Ayah saya adalah pekerja keras dan fokus pada pekerjaannya dan hal ini menurun pada saya. Ia sering bertanya pada saya tentang apa yang saya lakukan dan hasil apa yang saya dapatkan. Tetapi sekarang, dia berubah. Dia sering mengatakan “Jangan terlalu banyak bekerja, istirahatlah, kamu kan selalu bekerja keras.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar